Download

Address Bar


Kita sering melihat adanya sebuah icon di sebelah kiri address bar pada website-website yang kita kunjungi. Icon ini juga akan muncul ketika kita bookmark website tersebut di browser yang kita gunakan sehari-hari. Sebagai contoh adalah huruf B putih dengan latar belakang Merah pada situs Blogger.

Icon ini disapa juga sebagai favicon –mungkin maksudnya adalah favorit icon– dan jelas saja Anda juga bisa membuatnya sendiri untuk website Anda agar terlihat lebih menarik dan terkesan profesional.

Awalan, siapkan dulu file gambar dengan ekstensi .ico berukuran 16 x 16 piksel. Untuk membuat file .ico Anda bisa menggunakan icon editor yang bisa dengan mudah dicari di internet, misalnya Falco Icon Studio. Anda juga bisa membuat sendiri menggunakan tool online dari website favicongenerator.com dan mendownload hasilnya ke komputer.

Save file tersebut dengan nama favicon.ico kemudian unggah ke website Anda di folder/direktori public_html.

Nah, ekarang coba Anda refresh halaman website Anda, website Anda sekarang sudah dilengkapi dengan favicon sehingga terlihat lebih keren.

Di browser saya belum muncul, bagaimana ini?

Jangan panik dulu. Browser akan menyimpan cache di komputer, untuk itu silahkan membersihkan cache browser Anda kemudian coba akses lagi. Jika ternyata masih belum muncul juga, silahkan periksa browser Anda apakah sudah mendukung penggunaan favicon atau belum.

Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. pahpoh - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger